Backpackeran Jelajahi Pesona Blue Fire Kawah Gunung Ijen di Banyuwangi




Backpacker Blitar - Kawah Ijen Banyuwangi adalah ikon wisata unggulan di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Kota yang berada di timur ujung pulau Jawa ini, memiliki beragam wisata yang layak untuk dikunjungi. Blue Fire atau api Biru adalah salah satu pesona yang dinanti oleh wisatawan yang berkunjung. 

Asal Mula Backpacker Blitar



Backpacker Blitar hadir dengan passion yang sama, yaitu menyukai berpetualang dan menjelajahi wisata yang ada di Indonesia. Tepat di tanggal 4-4-2015 di Blitar adalah hari yang bersejerah untuk kami. Kembali lagi ke bagaimana kami jalan-jalan di Kawah Ijen Banyuwangi. Izinkan kami akan menjabarkan cerita kepada anda semua. Cekidot Gess.

Berawal dari chatting FB dari kawan kami, Kang Heru malam itu. akhirnya kita sepakat untuk melakukan Touring menuju Kawah Ijen di Bondowoso/Banyuwangi Jawa Timur.

Sejenak  kami pikirkan terkait dengan persiapan apa saja yang harus dibawa. Setelah saling memberikan persetujuan untuk melakukan touring, pilihan kami akhirnya adalah menuju wisata kawah ijen banyuwangi. 

Akhirnya, persiapan demi persiapan yang dilakukan oleh masing-masing, Kami akhirnya sepakat untuk berkumpul di salah satu teman kita yang rumahnya cukup strategis di jalan Nasional Blitar-Malang atau tepatnya di Garum dirumahnya Mas Zhu. Disamping karena jarak rumah kami yang saling berjauhan dengan adanya pertemuan di rumah Mas Zhu tadi,  Kita bisa melanjutkan perjalanan ke Kawah ijen melalui jalur Blitar - Malang - Lumajang - Jember - Situbondo - Bondowoso - Banyuwangi.

Tarraa... Alhamdulillah... 
Akhirnya setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan,  kitapun akhirnya sampai dilokasi. Kami bermotor, dengan 4 kendaraan bermotor, dengan total tim kita yang berangkat adalah 8 orang teman Backpacker Blitar. Kami semua saling berboncengan, sehingga ketika ada lelah diperjalanan kita bisa saling bertukar menjadi pengemudi. 

Keseruan Menjadi Backpacker Touring Antar Kota. Ah,.. Nikmatnya kebebasan ala Backpacker memang  beda.  penasaran gimana rasanya? Cobain deh sendiri :) hehehe

Harga Tiket Masuk Kawah Ijen Banyuwangi

Update Desember 2021

Untuk Harga Tiket Masuk Kawah Ijen Banyuwangi Terbaru 2021 adalah sebagai berikut,

1. Harga Tiket Masuk Wisatawan Domestik :

  • Hari Kerja/Weekday Harga Tiket - Rp. 5.000
  • Hari Libur/Weekend Harga Tiket - Rp. 7.500

2. Harga Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara :

  • Hari Kerja/Weekday Harga Tiket - Rp. 100.000
  • Hari Libur/Weekend Harga Tiket - Rp. 150.000

3. Biaya Parkir Kendaraan :

  • Tiket Parkir Kendaraan Roda 2 - Rp. 5.000
  • Tiket Parkir Kendaraan Roda 4 atau lebih - Rp. 10.000
Disclaimer
* Harga Sewaktu Waktu Dapat Berubah
* Sumber BBKSDA Jawa Timur

Lokasi Wisata Kawah Ijen

Credit Image : bbksdajatim.org

Taukah kamu bahwa kawah Ijen terletak di puncak Gunung Ijen yang adalah salah satu dari rangkaian gunung berapi di Jawa Timur seperti Gunung Bromo, Gunung Kelud, Gunung Semeru, serta Gunung Merapi. Gunung Ijen terletak di sebelah timur Gunung Merapi (di Jawa Timur juga tersedia gunung yang mempunyai nama yang sama dengan gunung di Jawa Tengah yaitu Gunung Merapi).  Kawah Ijen berada di  Taman Wisata Ijen yang masuk wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi serta Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso dimana keberadaannya dimiliki oleh beberapa Kabupaten.


BACA JUGA :

Ketinggian kawah Ijen Banyuwangi

Credit Image : bbksdajatim.org

Kawah Ijen sendiri berada di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. luar biasannya adalah kawah ijen ini terletak di tengah kaldera yang terluas diantara kawah yang ada di Pulau Jawa. Dengan kisaran 20 Kilometer luasnya. Ukuran kawahnya sendiri kurang lebih 1000 meter persegi dengan kedalaman kisaran 200 meter. Kawah ini terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera.

Mengapa Kawah Ijen adalah salah satu kawah paling asam paling besar di dunia? Tahukah Kamu berapa derajat keasaman (pH) dari kawah ini? Kawah ini mempunyai tingkat keasaman yang sangat tinggi yaitu mendekati nol jadi dapat melarutkan tubuh manusia dengan cepat. Tidak hanya itu, suhu kawah yang mencapai 200 derajat celcius meningkatkan takjub bakal kawah yang sangat besar ini. Tetapi, dibalik angka-angka yang membikin rasa takut tersebut, nyatanya kawah ini menyimpan  pesona keindahan yang sangat menakjubkan.

Kawah Ijen Blue Fire malam hari

Credit Image : bbksdajatim.org

Sedikit gambaran tentang kawah ijen diatas, memberikan imaji yang begitu luar biasa.bahwa keindahan kawah ijen tersebut bisa kita jumpai di Indonesia. Pesona Kawah Ijen Banyuwangi sendiri yaitu adanya api biru yang berada persis di dasar kawah ijen. Api biru atau istilahnya Blue Fire / Blue Flame bisa dinikmati ketika tengah malam. Waktu dini hari yaitu mulai pukul 01.00 sampai dengan mulai berangsur sang fajar datang menyapa.

Yuk kawan, tetap lestarikan Wisata Banyuwangi, Wisata Jawa Timur, Wisata Indonesia. Saling kita jaga, jangan biarkan sampah yang tidak terurai menggunung di indahnya pesona alam indonesia.

0 Response to "Backpackeran Jelajahi Pesona Blue Fire Kawah Gunung Ijen di Banyuwangi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel