2 Jalur Pendakian Gunung Kelud 1731 Mdpl via Blitar yang wajib kamu ketahui sebelum mendaki



Backpacker Blitar - Blitar adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki gunung berapi dan pegunungan yang lainnya. Gunung  Buthak dan gunung Kelud adalah salah satu yang paling terkenal. Kedua gunung tersebut, pengunjung dapat melakukan pendakian. Gunung Kelud yang memiliki ketinggian 1731 Mdpl adalah salah satu gunung berapi yang sangat indah pemandangan alamnya. Keberadaan gunung Kelud diapit oleh 3 Kabupaten yaitu kabupaten Blitar, kabupaten Kediri, dan kabupaten Malang. 

Jalur pendakian ke wisata pendakian gunung Kelud di Blitar memiliki 2 akses utama yang bisa ditempuh yaitu 

1. Jalur Pendakian Gunung Kelud Via Tulungrejo, Gandusari, Blitar

2. Jalur Pendakian Gunung Kelud via Karangrejo, Garum, Blitar

Terlepas dari sengketa gunung kelud yang pernah ramai di media beberapa tahun yang lalu. Gunung Kelud adalah gunung berapi yang aktif di Indonesia. Gunung Kelud termasuk jajaran gunung api yang aktfi bersama gunung Bromo, gunung Semeru dan gunung Merapi. Dari catatan yang ada, terakhir meletus pada tanggal 14 Pebruari 2014.

Namun, pada kesempatan kali ini kita akan fokus membahas 2 Jalur pendakian gunung kelud via Blitar yang harus diketahui sebelum mendaki. Bagi anda yang memiliki jiwa petualang, tidak ada salahnya untuk menyimak 2 jalur pendakian gunung kelud via Blitar berikut ini.

Jalur Pendakian Gunung Kelud Via Tulungrejo Blitar

Jalur pendakian Gunung Kelud Via Tulungrejo Gandusari Blitar adalah salah satu akses yang dibuka  umum untuk jalur pendakian ke gunung Kelud Blitar. dibawah pengelolaan Perhutani Blitar, pengunjung yang akan melakukan pendakian diwajibkan untuk absen dan cek point di pintu masuk. 

Pos Check Point pendakian gunung kelud Tulungrejo ini berada dibawah wisata Hutan Pinus Loji Blitar yang tepat berada di lereng gunung Kelud. 

Jalur pendakian tulungrejo ini kita akan banyak disuguhi oleh pemandangan yang luar biasa indah. dengan udara dingin khas pegunungan, kita akan disambut oleh view hutan pinus di sebelah barat pos perizinan. setelah dari check point, kita akan diantar oleh tukang ojek yang telah bekerjasama dengan perhutani untuk mengantar sampai gerbang pendakian. 

Akses menuju Jalur Pendakian Gunung Kelud Tulungrejo


Bagi anda yang ingin melakukan pendakian Gunung Kelud Via Tulungrejo ini, bisa menyimak lebih lanjut informasi penting yang bisa membantu anda mencapai lokasi. Akses menuju jalur pendakian tulungrejo ini relatif mudah dijangkau oleh siapapun dan dengan kendaraan apapun. Jalan menuju pos pendaftaran dan check point sudah bisa dilalaui oleh kendaraan roda dua dan roda empat bahkan minibus pun sudah bisa. berada sejalur dengan wisata hutan pinus loji, menjadikan jalur pendakian via tulungrejo ini pilihan favorit bagi pendaki.

Nah, pasti bertanya-tanya bagaimana Rute menuju Jalur Pendakian Gunung Kelud Blitar via Tulungrejo ini kan? dari kota Blitar kita bisa melakukan perjalanan ke arah Malang hingga sampai di Wlingi, dari pusat kota Wlingi kita bisa ambil jalur ke utara arah menuju Ngantang Selorejo Malang. berjarak kurang lebih 15 Km, dibutuhkan waktu 30 menit untuk sampai di lokasi.

Sepanjang perjalanan dari pusat kota Wlingi ini, kita akan melewati  Prasasti Munggut. Prasasti yang merupakan peninggalan era kerajaan kahuripan dan Kadiri. Selanjutnya bagi anda yang pencinta kuliner sepanjang jalur perjalanan juga melewati wisata kuliner khas blitar yaitu Nasi Uceng di warung pak Sabar Wlingi.  

Tiket masuk Jalur Pendakian Gunung Kelud Tulungrejo

Tiket masuk Jalur pendakian Gunung Kelud Tulungrejo Rp. 15.000,-. Harga yang sangat terjangkau dan sepadan dengan apa yang bakal kita dapatkan. Berangkat dari  titik check point pintu masuk Jalur pendakian, pengunjung akan diantar dengan naik ojek ke Gapura Rimba dengan biaya Rp. 5.000,-. Tukang ojek  merupakan warga sekitar yang telah bekerjasama dengan pihak pengelola. 

Pos Pendakian  Gunung Kelud Tulungrejo Blitar

Banyak para pendaki yang masih bingung dan muncul pertanyaan ada berapakah jumlah pos yang harus di lalui melalui Pendakian Gunung Kelud Tulungrejo ini. Berikut kami coba jelaskan untuk anda, Titik Pos di pendakian gunung Kelud via tulungrejo Blitar.

Gapura Rimba (Hutan Pinus Loji)


Gapura Rimba adalah gerbang masuk jalur pendakian gunung Kelud via tulungrejo Blitar. Para pendaki akan diantar oleh tukang ojek yang siap mengantar dari pos check point hingga di pintu gerbang ini. Gapura ini masih dalam satu kompleks wisata Hutan Pinus Loji. lokasi gapura rimba ini berada di ujung hutan pinus loji.

Pos  1 Srenggono Bule


Pos 1 Srenggono Bule merupakan titik pos pertama jalur pendakian gunung kelud Via Tulungrejo Blitar. perjalanan dengan kecepatan normal akan ditempuh kurang dari 1 jam dari gerbang rimba  pitnu masuk yang berada di kawasan hutan pinus loji.


Pos 2 Rewondho Geni


Pos Rewondho Geni adalah pos kedua yang harus ditempuh oleh para pendaki. dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari pos satu Srenggono Bule, pendaki bisa sejenak untuk istirahat dan mengatur nafas untuk persiapan selanjutnya di pos tiga.


Pos 3 Camp Turonggo Pethak


Pos Turonggo Pethak adalah destinasi favorit dari para pendaki. Berada di pos pendakian ini kita bisa menikmati beragam view yang memanjakan mata. dititik inilah para pendaki mendirikan tenda untuk beristirahat. Bagi para pemula yang baru mendaki sampai pada titik ini adalah pencapaian yang luar biasa. Ketika beberapa kali melakukan pendakian, terlihat beberapa pendaki yang istirahat dan mendirikan tenda di Pos Turonggo Pethak ini.


Pos 4 Camp Lembu Suro



Pos 4 Camp Lembu Suro adalah salah satu pos yang luar biasa menguras tenaga. dari Pos tiga Turonggo Pethak, pendaki akan melanjutkan jalur pendakian menuju pos ini. Sebelum sampai pada pos empat ini, pendaki akan melewati Jalur yang cukup terkenal dan membutuhkan konsentrasi tinggi yaitu Jalur Punggungan Naga. Jalur ini adalah jalur yang sempit cukup untuk berjalan yang berada di punggung bukit, terlihat hanya garis satu jalur. sehingga penamaan ini terkait dengan jalur yang segaris di atas punggung gunung tersebut.
Camp Lembu Suro ini adalah titik sebelum pendaki menempuh jalur puncak Gunung Kelud Via Tulungrejo Blitar. sehingga apabila memutuskan untuk melanjutkan ke Puncak Kawah atau tidak bisa ditentukan dari pos ini. Faktor cuaca bisa menjadi pertimbangan apakah harus lanjut ataukah berhenti mendirikan tenda sambil menunggu cuaca mendukung.


berada di Camp Lembu Suro ini, kita juga bisa menjangkau Air Terjun Kilisuci. Terdapat rambu penanda menuju arah air terjun ini. dibutuhkan waktu 30 Menit untuk sampai ke lokasi. Tentunya dengan medan yang lumayan menantang dan dibutuhkan kewaspadaan tinggi dengan kemiringan lokasi sewaktu turun.

Pos 5 Puncak Gunung Kelud Via Tulungrejo Blitar


Akhirnya dengan perjuangan yang cukup melelahkan kita akan sampai di Puncak Gunung Kelud Via Tulungrejo Blitar dengan Ketinggian 1731 Mdpl. dari Pos Camp Lembu Suro vegetasi sudah mulai berubah, dan terlihat batu-batu yang mendominasi. Terlihat sisa-sisa letusan gunung Kelud pada tanggal 14 Pebruari 2014 begitu menonjol. Perjalan sampai ke bibir kawah harus dilalui melewati tepi tebing yang terlihat curam, dibutuhkan kehati-hatian disini. Pengelola sudah memberikan alat bantu berupa tali dan papan petunjuk. 
Tetap ingat, pesan ketika mendaki gunung " Puncak bukanlah tujuan, namun berangkat sampai pulang dengan selamat adalah yang lebih utama".


Jalur Pendakian Gunung Kelud Via Karangrejo Blitar


Jalur pendakian Gunung Kelud Via Karangrejo, Garum, Blitar adalah salah satu jalur yang mulai digunakan oleh para pendaki untuk menuju puncak gunung Kelud dari Blitar. Jalur pendakian Karangrejo ini cenderung lebih mudah daripada jalur pendakian lewat Tulungrejo.Namun, untuk pilihan pendakian, lebih favorit dari jalur pendakian Tulungrejo. Pengelolaan jalur pendakian karangrejo dikelola oleh Wana Jaya Desa Karangrejo Blitar, berbeda dengan jalur pendakian Tulungrejo yang sudah dikelola oleh pihak Perhutani. 

Akses dan Rute Jalur Pendakian Gunung Kelud Via Karangrejo Blitar

Jalur pendakian gunung Kelud via karangrejo, Garum Blitar ini adalah salah satu jalur pendakian yang bisa dilakukan melaui Blitar. Akses menuju jalur pendakian gunung kelud karangrejo ini bisa dilalui dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Akses Jalan ini masih jalan tanah berbatuan yang belum diaspal. Menurut informasi yang pernah ada, jalur ini adalah jalur rintisan ke Gunung Kelud yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Blitar ketika ada konflik kepemilikan Gunung Kelud. 
kalau melalui jalur ini pastikan menggunakan kendaraan yang masih standar pabrik. 

Rute yang harus dilalui menuju jalur pendakian Gunung Kelud Via Karang Rejo Blitar adalah :
silahkan mengikuti panduan perjalanan berikut ini
- Kota Blitar
Berangkat dari Kota Blitar, perjalanan ke arah Malang mengikuti jalur utama nasional Blitar-Malang hingga sampai di perempatan Garum. 
- Perempatan Garum (Lampu Merah)
sesampainya di perempatan Garum /traffict light Garum, langsung ambil ke kiri atau arah utara. Kita mengikuti rute jalur beraspal yang juga arah menuju Wisata Candi Penataran Blitar. kita ambil lurus yang menuju arah ke Sidodadi  dan sampai ke pertigaan sidodadi menuju ke Karangrejo. 
- Pertigaan Sidodadi (Indomaret) 
Pertigaan sidodadi terdapat retail Indomaret sebagai pedoman kita. Selanjutnya perjalanan kita ambil kiri ke arah utara sampai masuk ke desa Karangrejo.
- Pasar Desa Karangrejo
Dari pasar desa Karangrejo ini kita ambil kanan menuju rute arah Kantor desa Karangrejo yang hanya berjarak beberapa kilometer saja.
- Kantor Desa Karangrejo
Dari Kantor desa Karangrejo inilah selanjutnya kita bisa melanjutkan ke Jalur trans Kelud, yang merupakan jalur menuju Gunung Kelud melalui Karangrejo Garum Blitar.
- Jalur Trans Kelud
 Jalur trans Kelud adalah jalan beraspal yang sudah dibangun oleh pemerintah untuk akses menuju Gunung Kelud melalui wilayah Kabupaten Blitar.  Apabila capek dalam perjalanan, dipenghujung jalan Trans Kelud ini bisa sejenak untuk makan dan minum ala Desa di Warung Mak Preh
- Jalur Pendakian Gunung Kelud Via Karangrejo
dari jalan beraspal jalur Trans Kelud ini, kita akan sampai di SDN Karangrejo 03, selanjutnya perjalanan melalui jalan makadam bebatuan hingga sampai ke Gapura Jalur Pendakian Gunung Kelud Via Karangrejo Blitar.

Pos Pendakian Gunung Kelud Via Karangrejo Blitar




Jalur pendakian gunung kelud via Karangrejo Blitar merupakan salah satu jalur pendakian yang bisa 

POS 1 GARUDA YEKSA



Pos 1 Garuda Yeksa adalah jalur pos pendakian Gunung Kelud Via Karangrejo Blitar. memasuki jalur pendakian, kita langsung disambut oleh vegetasi hutan yang khas lereng gunung. Admin awal mendaki masih belum mengikut himbauan untuk registrasi di basecamp Wana Jaya Desa karangrejo Garum Blitar. dikarenakan masih belum adanya pengelola, hingga akhirnya dibangun pos dan pengelelolaan oleh Wana Jaya. Namun beberapa kali mendaki, admin mencatat sangat jarang pengelola yang ada di pos 1 ini.

POS 2 SEKAR DELIMA



Trekking dari Pos 1 Garuda Yeksa sampai di Pos 2 Sekar Delima bisa kita tempuh hanya kurang dari 1 jam dengan berjalan pelan-pelan. vegetasi hutan dan trek yang tidak begitu menanjak menjadikan jalur ini bisa di coba oleh siapapun. Pos 2 ini berupa shelter sederhana dengan atas seng yang dibangun ala kadarnya. 

POS 3 MAHESA SURO



Setelah melewati pos 2 Sekar Delima, selanjutnya trekking dilanjutnkan menuju pos 3 Mahesa Suro, perjalanan ditempuh kurang lebih 30 menit saja dari pos 2. ada ciri khas dari vegetasi di Pos 3 ini yaitu adanya bekas pepohonan yang gosong. informasi yang ada, pohon besar di sekitar pos 3 terkena panasnya letusa Gunung Kelud tahun 2014.


Mata air Dewi Kilisuci adalah sumber mata air dari lereng gunung kelud yang masih alami. Mata air ini muncul dari celah bebatuan yang ada di sekitar pos 3, atau lebih tepatnya di sebelah camping ground pos 3. dibutuhkan beberapa keahlian, dikarenakan untuk sampai ke lokasi medan yang ditempuh cukup curam dan menguras energi.

POS 4 PUNCAK PASIR JENGGOLO MANIK


Menuju Pos 4 Puncak Pasir Jenggolo Manik ini kita dituntut tenaga yang ekstra. sampai ke puncak ini, kita harus melewati beberapa tangga besi yang cukup menantang dengan kemiringan yang tajam. perjuangan yang dilewati akan terbayar sudah ditempat ini. masuk kesini, bayangan kita akan tertuju pada Gunung Semeru. Summit menuju puncak Gunung Semeru. Medan berpasir dan batu-batu kecil menyapa.

POS 5 PUNCAK SUMBING GUNUNG KELUD BLITAR


Image Credit@okkyusi_vls

Dibutuhkan waktu sekitar 45 Menit untuk sampai di Puncak Sumbing Gunung Kelud Via Karangrejo Blitar. Perjalanan dari Puncak Pasir Jenggolo Manik, kita akan menuruni lembah Jolosutro. dengan kontur pasir dan berbatu kita akan trekking hingga sampai di bibir kawah. sebelum bibir kawah, dibutuhkan kewaspadaan yang tinggi. bebatuan dan tebing yang curam menyapa kita sebelum bisa sampai melihat kawah. 

Sampai di atas kawah, kita akan melihat eksotisme kawah Gunung Kelud via Karangrejo Blitar. Perjalanan yang capek akan terasa hilang begitu melihat keindahannya. Jangan lupa ambil dokumentasi secukupnya dan terus hati-hati. yang lebih utama adalah keselamatan dari berangkat sampai kembali ke rumah. 

Simak keseruan beberapa teman yang mendaki melalui channel youtube berikut ini.



0 Response to "2 Jalur Pendakian Gunung Kelud 1731 Mdpl via Blitar yang wajib kamu ketahui sebelum mendaki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel