Candi Penataran Blitar, wisata sejarah kejayaan Nusantara yang harus kamu tahu


Candi Penataran Blitar

Backpacker Blitar - Candi Penataran adalah salah satu candi terbesar dan termashur di Blitar Jawa timur. Candi ini terletak di lereng gunung Kelud tepatnya di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Mengunjungi wisata sejarah di Blitar, anda juga bisa mengunjungi beragam candi yang tersebar di wilayah ini. Candi Sawentar dan Candi Simping adalah beberapa candi yang bisa jadi alternatif kunjungan selain Candi Penataran Blitar.

Sejarah Berdirinya Candi Penataran

Asal usul candi penataran di Blitar dimulai dari tahun 1815 oleh Sir Thomas Stamford Rafless yang merupakan Letnan Gubernur Pemerintahan Inggris yang saat itu berkuasa di Nusantara. Saat itu Rafless bersama dengan ilmuwan Dr. Horsefield meneliti, menyelidiki dan melakukan pencatatan terhadap peninggalan di kawasan Candi Penataran.
Nama candi Penataran sendiri dalam Kitab Negara Kartama adalah berupa bangunan suci dengan nama candi Palah. Dimana Raja Hayam Wuruk sering melakukan kunjungan dan doa kepada Sang Hyang Acalapati atau raja / dewa Gunung di dalam keyakinan Syiwa.
Candi Penataran diperkirakan dibangun pada masa Pemerintahan Raja Srengga di Kediri. Berdasarkan angka yang tertulis pada beberapa batu yang berangka antara tahun 1197 - 1454 M.
( Sumber : Wikipedia )

Baca Juga :

Pantai Tambakrejo, Wisata Pantai di Blitar Tempat Menarik Weekend Anda


Relief Candi Penataran 

Candi Penataran memiliki beragam motif Relief yang tersebar di kompleks ini. Di Sepanjang teras terdapat relief  kisah Bubhuksah dan gagang aking.terdapat juga kisah Sri Tanjung yang juga masih terdapat di relief pendopo teras. Kisah Ramayana dan Kresnayana terdapat pada relief Candi utama.

Mitos Kolam Candi Penataran

Dibagian ujung Candi Penataran terdapat kolam tirta yang memiliki mitos tertentu di  masyarakat. Mitos yang berkembang di masyarakat akhir-akhir ini yaitu melempar koin ke kolam untuk melancarkan rezeki. Disamping itu juga bagi pengunjung yang membasuh muka di kolam ini akan awet muda dan enteng jodoh. Apapun mitos yang berkembang di masyarakat, hendaknya kita senantiasa arif dan bijaksana terhadap benda peninggalan kepurbakalaan.

Tiket Masuk Candi Penataran

Bagi anda yang ingin menikmati sejarah candi penataran, anda akan ditarik retribusi di Portal masuk Kawasan Wisata Candi Penataran cukup dengan tiga ribu rupiah saja. Masuk di kawasan wisata kita akan bisa Kolam renang Penataran dan menikmati komplek wisata candi penataran dan tidak usah khawatir lagi kita tidak dipungut lagi biaya khusus untuk masuk ke kompleks candi penataran. hanya biaya sukarela yang bisa dilakukan ketika pengunjung mengisi buku pengunjung di dekat pintu masuk.
 
Bagi anda yang ingin berkunjung dan menikmati sensasi menelusuri jejak sejarah kejayaan di masa lampau wajib datang kesini dan temukan bagaimana rasanya menyelami sejarah nusantara.

0 comments