Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20+ Pantai di Blitar yang Hits dan Bagus Pemandanganya ( Terbaru 2023)

Backpacker Blitar - Blitar adalah salah kota di Jawa Timur yang terkenal dengan keindahan pantainya. Pantai di Blitar sangat cocok untuk mengisi liburan akhir pekan anda. Masyarakat telah mengenal Blitar sebagai tempat dimakamkannya Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Namun pada kesempatan kali ini kita akan review dan bahas dari beragam nama-nama pantai di Blitar yang dikenal sebagai destinasi obyek wisata pantai di Blitar.

Pada musim liburan, hampir dipastikan wisatawan yang datang ke pantai di Blitar mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan akses menuju lokasi wisata ke pantai di Blitar telah dilakukan perbaikan yang sangat signifikan. Disamping itu, wisatawan juga penasaran dan ingin membuktikan akan keindahan alam pantai di Blitar. Banyak pantai di daerah Blitar yang belum terjamah oleh pengunjung.  Pantai yang masih perawan dan masih alami. Sangat cocok bagi yang suka berpetualang dan suka tantangan outdoor.
Baiklah, tanpa panjang lebar lagi, Berikut kami sajikan dan akan kita ulas lebih dari 15 pantai di Blitar yang bagus pemandanganya serta tentunya cocok untuk referensi destinasi liburan anda.

1. Pantai Pangi Blitar

Photo By @y.a.duval 

Backpacker Blitar akan mengulas Pantai yang pertama adalah Pantai Pangi Blitar. Pantai dengan view yang indah ini berlokasi di Tumpakkepuh Blitar Jawa Timur. Merupakan destinasi wisata pantai yang bagus dan favorit di Blitar selatan. Tiket masuk menuju pantai Pangi adalah Rp. 8.000 per orang. Akses rute menuju pantai Pangi bisa dijangkau dengan berbagai kendaraan baik roda dua ataupun roda empat.
Pantai Pangi juga  masih satu rute dengan wisata alam lain di Blitar yaitu Goa Embul Tuk dan Pantai Tambakrejo Blitar ini, sangat ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan atau pada liburan sekolah ataupun hari libur nasional lainnya.
Keindahan pantai Pangi di Blitar ini sudah tidak usah diragukan lagi, merupakan salah satu pantai populer yang terkenal dengan keindahan alamnya.

2. Pantai Tambakrejo Blitar

Photo By @diyanaa_24

Jelajah pantai di Blitar selanjutnya adalah Pantai Tambakrejo Blitar. Pantai yang sudah sangat populer lainnya di Blitar yaitu Pantai Serang dan Pantai Jolosutro. Pemerintah Kabupaten Blitar telah memproritaskan wisata Pantai menjadi destinasi andalan untuk memanjakan pengunjung yang datang.
Pantai Tambakrejo terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Merupakan destinasi wisata pantai di Blitar selalu menjadi jujugan utama para wisatawan yang datang ke Blitar. Pemandangan alamnya yang luar biasa bagus, beragam wisata kuliner ikan segar laut, menjadikan wisatawan menjadi betah berlama-lama disini.
Dalam rangkaian kawasan wisata Pantai Tambakrejo Blitar Jawa Timur ini, terdapat beberapa pantai yang berdekatan yang juga bisa dikunjungi misalnya Pantai Pangi Blitar dan Pantai Pasir Putih Pasetran Gondomayit Blitar.
Rute serta akses menuju pantai Tambakrejo Blitar ini sangat mudah dilalui, pengunjung dari arah Kota Blitar bisa mengikuti papan petunjuk yang telah disediakan di beberapa tempat. Dari Kota Blitar pengunjung bisa menempuh rute melalui Kecamatan Kademangan Blitar.
Tiket masuk yang terjangkau serta pemandangan yang luar biasa menjadikan setiap yang datang akan kerasan untuk kembali lagi ke pantai ini. Beberapa fasilitas yang mungkin bisa dimaksimalkan pengunjung adalah Penginapan, Rental ATV serta warung makan yang beragam dengan menu khas ikan laut.
Lengkap rasanya menikmati Pantai Tambakrejo Blitar menjadi destinasi wisata pantai favorit liburan kali ini kan?. 

3. Pantai Serang Blitar

Photo By @df.larasati

Tidak usah diragukan lagi, Pantai Serang Blitar adalah salah satu destinasi wisata pantai di Blitar yang semakin terkenal. Beragam event selalu tersaji setiap tahunnya di Pantai Serang.
Larung sesaji, Festival layang-layang, Festival Musik Jazz , Festival Barong, hingga pelepasan dan pelestarian Tukik ke habitat asli di Pantai Serang.
Pantai Serang terletak di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar. Pengunjung bisa datang dan menikmati panorama alam pantai yang memanjakan wisatawan.
Disamping itu untuk yang suka menjelajah kuliner, Pantai Serang sangat cocok untuk anda kunjungi. Beragam menu khas pantai bisa kita nikmati.
Es degan dan masakan ikan segar enak lainnya juga tersedia di sepanjang bibir pantai. Perpaduan pemandangan pantai yang eksotik, Event kaya kegiatan, serta Wisata kuliner yang menggoda adalah alasan utama untuk selalu mengunjungi pantai Serang Blitar, Setuju kan? Buktikan.

BACA JUGA :

4. Pantai Jolosutro Blitar

Photo By @tadabbur.idn

Pantai Jolosutro adalah pantai yang terletak di Desa Ringinrejo Kecamatan Wates Kabupaten Blitar. Pantai yang memiliki pasir hitam ini menjadi pesona daya tarik tersendiri bagi wisatawan.
Pantai Jolosutro adalah salah satu jajaran pantai di Kabupaten Blitar yang telah lebih dulu populer. Semilir angin yang sepoi-sepoi serta deburan ombak yang menggulung menjadikan suasana pantai menjadi lebih hidup.
Karang Nritep adalah salah satu bukit yang berjejer di Pantai Jolosutro. View yang bisa dinikmati dengan santai dan tenang. Dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dari Kota Blitar untuk sampai di tempat ini.
Rute menuju Pantai Jolosutro Blitar dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Bagi yang suka berwisata dari Surabaya,Tulungagung, Kediri, Malang bisa datang dan menjelajah menikmati wisata di Pantai Jolosutro dengan nyaman dan berkesan. Dengan bermodalkan tiket masuk yang murah sebesar Rp. 7.000/orang saja, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai ini sepuasnya. Liburan ini pastikan jadi salah satu destinasi tujuan wisata pantai yang wajib dikunjungi.

5. Pantai Jebring Blitar

Photo By 
Menjelajah pantai di wilayah Blitar selatan belum puas rasanya kalo tidak pernah berkunjung ke pantai Jebring Blitar. Pantai Jebring di Blitar adalah salah satu tujuan destinasi pantai yang memiliki kekhasan yaitu pasir hitam.
Dahulu,  di pantai Jebring pernah dilakukan penambangan pasir besi di sepanjang bibir pantai. Namun izin operasional penambangan tidak lagi diperpanjang oleh pemerintah setempat. Sehingga kini, bekas sisa-sisa  jejak penambangan pasir besi hitam pengunjung masih bisa melihatnya dengan jelas.
Namun jangan salah, pemandangan alam di Pantai Jebring bisa dikatakan sangat istimewa. Pengunjung yang datang bisa beraktifitas dengan banyak kegiatan. Camping atau bermalam dengan mendirikan tenda di bibir pantai adalah salah satu kegiatan favorit yang sering dilakukan.
Dibandingkan dengan wisata pantai lainnya di Blitar, Fasilitas di Pantai Jebring ini tergolong minimal. Jangan berharap terdapat deretan warung-warung yang menjajakan menu khas ikan laut segar disini. Pengunjung harus menyiapkan perbekalan makan dan minum dari rumah atau dari pemukiman terdekat yaitu Dsn Banyuurip .
Akses menuju wisata pantai Jebring Blitar ini bisa dilakukan dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun, medan yang cukup sulit harus dilalui yaitu akses kurang lebih di beberapa ratus meter menuju Pantai Jebring Blitar ini.
Sekedar catatan, pastikan dan persiapkan kendaraan anda dengan baik agar perjalanan  dimu lai dari berangkat sampai kembali pulang kerumah lancar.

6. Pantai Ngloncor Blitar

Photo By Backpacker Blitar

Pantai Ngloncor Blitar terletak di Kecamatan Ngadipuro, Kabupaten Blitar. Pantai yang memiliki pasir hitam ini juga memiliki tebing yang menjorok ke lautan.
Nama Pantai Ngloncor sendiri bermakna bahwa terdapat tebing bebatuan yang menjorok ke lautan dalam bahasa jawa (dibaca Ngloncor). Tebing inilah ciri khas dari pantai Ngloncor ini. Pantai ini adalah salah satu pantai di Blitar selatan yang bisa dikatakan masih alami. Akses menuju pantai ini tergolong penuh tantangan. Disarankan menggunakan kendaraan roda dua yang masih standar pabrikan.
Pengunjung yang datang bisa menikmati birunya air laut dengan santai diatas tebing Ngloncor ini. Bagi anda pencinta fotografi, bisa mengambil foto landscape dari atas tebing ini. Merupakan view favorit  karena akan menghasilkan foto landscape berkualitas yang jarang dijumpai ditempat lain.

7. Pantai Keben Blitar

Photo By @ekobudi30

Pantai Keben Blitar terletak di Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Pantai yang terletak satu kawasan dengan pantai Jebring Blitar, Pantai Pudak Blitar. Pantai yang masih alami dan jarang dikunjungi oleh wisatawan.

8. Pantai Pasur Blitar

Photo By @nita.mayang

Pantai Pasur Blitar adalah salah satu pantai di Blitar yang memiliki pasir hitam legam. Pantai Pasur terletak di Desa Bululawang, Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Datang ke pantai paling barat berbatasan dengan Tulungagung ini kita bisa menggunakan beragam kendaraan. Namun apabila menggunakan roda empat harus sedikit bersabar, dikarenakan jalan menuju pantai hanya cukup digunakan dengan 1 kendaraan besar. Secara umum tidak ada kendala berarti cara menuju pantai Pasur Blitar ini.
Datang ke Pantai Pasur, kita akan disajikan dengan perahu nelayan dan ombak yang cukup besar. Dengan bibir pantai yang cukup luas memanjang memanjakan pengunjung bermain pasir laut dan menikmati pemandangan. harus tetap ekstra hati - hati dengan ombak yang cukup besar sepanjang bibir pantai ini.
Tiket masuk ke Pantai ini adalah gratis. Pemerintah setempat belum meningkatkan pantai ini menjadi kawasan wisata pantai seperti Pantai Tambakrejo, Pantai Pangi, Pantai Serang ataupun Pantai Jolosutro. Cukup membawa bekal dari rumah, datang kesini dan menikmati indahnya pesona Pantai Pasur Blitar.

9. Pantai Peh Pulo Blitar

Photo By @y4nuart

Pantai Peh Pulo Blitar adalah salah satu pantai yang mulai populer di Blitar. Sejak diliput oleh salah satu stasiun TV, tempat ini menjadi surga bagi pencinta wisata pantai. Bagi pecinta travelling, tentu destinasi baru menjadi jujukan yang harus dikunjungi. Banyak yang menyebut pantai Peh Pulo Blitar adalah Raja Ampat nya Blitar. Hal ini dikarenakan terdapat gugusan pulau pulau kecil yang terhampat di sekeliling Pantai Peh Pulo. Apalagi kalo menikmati pemandangan dari atas bukit, Pemandangan yang luar biasa bakal tersaji dengan istimewa.

10 Pantai Gondo Mayit Blitar

Photo By @ardyanana

Pantai Gondo Mayit adalah Pantai yang berada di sisi timur Pantai Tambakrejo. Berada di Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Kali ini kita akan bahas pantai yang kalau kita mendengar namanya bakal bikin serem. Nama Gondo Mayit adalah bahasa jawa, apabila diterjemahkan berarti Pantai Bau Mayat.
Banyak mitos kenapa pantai ini dinamakan Gondo Mayit. Dahulu pantai ini dikenal keramat dan angker. bahkan sering ditemukan mayat atau jenazah yang mengapung di sekitar pantai ini. Hal inilah yang menjadikan masyarakat sekitar menamai pantai ini dengan nama Pantai Gondo Mayit.
Namun bagi yang suka travelling, pantai ini wajib dikunjungi. Memiliki pasir putih sepanjang bibir pantai, menjadikan pantai ini sangat eksotis untuk diabadikan. Pengunjung bisa bermain ombak dan bermain pasir di sepanjang bentang pantai.

BACA JUGA:

11. Pantai Pasur Blitar

Photo By @haniframadhani_

Pantai Pasur Blitar adalah pantai berpasir hitam yang berada di desa Bululawang Kecamatan Bakung. Pantai yang berada di perbatasan Blitar dan tulungagung adalah pantai yang berada sisi di paling barat dan sisi paling timur di Kabupaten Blitar adalah Pantai Jolosutro.
Akses jalan dan lokasi menuju pantai ini adalah jalan beraspal yang dibeberapa sisi banyak yang berlubang dan rusak. Berada di pantai ini kita bisa memaksimalkan keindahan alam dan berteduh di bawah pohon cemara udang yang mulai memberikan keteduhan. Aktifitas lainnya berada di tepi pantai kita bisa melakukan aktifitas seperti bermain gitar, membuat kopi ataupun mengobrol dengan teman-teman. 

12. Pantai Serit Blitar

Photo By @wahyublitar

Pantai Serit Blitar adalah pantai yang masih alami dan sangat jarang dipublikasikan. Berada di sebelah barat pantai Serang, pantai ini masih sulit untuk dijangkau. Namun berita gembiranya, dengan dibukannya Jalur Lintas Selatan yang sudah mulai terhubung mulai perbatasan wilayah Blitar timur sampai Blitar barat. Potensi pantai Serit ini sudah mulai bisa dijangkau dengan semakin mudah.
Lokasi ini malah sangat familiar bagi para pemancing yang rutin untuk mendapatkan ikan di tebing pantai Serit ini. Pantai ini menjadi muara dari dua sungai yaitu sungai Klatak dan sungai Sumberasri.

13. Pantai Gayasan Blitar


Pantai Gayasan Blitar terletak di sebelah timur pantai Pangi Blitar, tepatnya berada di desa Kaligrenjengn Kecamatan Wonotirirto.  Menuju pantai ini, dibutuhkan akses jalan yang masih makadam. dibutuhkan kewaspadaan yang ekstra, jalan yang naik turun serta bekelok kelok. Dikarenakan banyaknya jalan yang berkelok menuju pantai, jangan ragu untuk tanya ke penduduk sekitar jalan menuju pantai ini. Saran kami, persiapkan kendaraan dengan baik, serta perbekalan yang disiapkan dari rumah. karena alami, belum ada warung atau toko yang buka di sekitar pantai ini. 

14. Pantai Umbulwaru Blitar


Pantai Umbulwaru Blitar adalah pantai yang masih perawan di Blitar. berada di sebelah barat pantai Pudak, Desa Sidorejo,Kecamatan Bakung. Kita akan dimanjakan dengan air terjun yang langsung bermuara di pantai selatan. dibutuhkan akses yang lumayan sulit untuk bisa sampai di lokasi. 

Akses menuju pantai ini bisa menggunakan kendaraan roda dua yang masih standar pabrik. Anda bisa melalui jalur Goa Embultuk ataupun Monumen Trisula Bakung.

15. Pantai Pudak Blitar


Pantai Pudak Blitar adalah pantai yang masih perawan di daerah Ngadipuro Blitar Selatan. Pantai ini memiliki pasir Putih yang bersih dan alami. Akses menuju Pantai Pudak, dari Kota Blitar kita bisa menuju Lodoyo - Ngeni - Banyu Urip - Pantai Pudak. Medan yang dilalui cukup menguras konsenstrasi. Aspal yang berlobang menjadikan makanan sepanjang pantai. Namun apabila memiliki jiwa adventure tidak ada salahnya bersama teman-teman menjelajah pantai ini.  

16.  Pantai Bakung Blitar


Pantai Bakung terletak di Dusun Banyuurip, Desa Ngadipuro Kecamatan Wonotirto, Blitar. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang istimewa. panoramanya khas dengan eksotisme latar belakang perbukitan yg berjajar-jajar indah. disamping itu dipantai ini mempunyai cekungan cekungan yang terisi air laut yang terlihat banyak terumbu karang dan beraneka biota laut lainnya, suguhan alam yang sangat mempesona. Namun dibalik itu semua harus dilakukan perjuangan yang maksimal untuk sampai ditempat ini. Jangan lupa persiapkan kendaraan dengan baik. dijamin,kalau sudah disini terbayar sudah rasa capek waktu perjalanan sebelumnya.  

17. Pantai Benelan Blitar


Pantai Benelan Blitar adalah salah satu pantai yang memiliki pasir putih yang halus dan bersih. Pengunjung bisa berlama - lama bermain ombak sambil bermain pasir putih. namun pantai yang masih alami ini belum dikelola dengan maksimal. Pengunjung harus mempersiapkan diri sebelum datang kesini. Toko terdekat dari sini adalah berada di pemukiman warga yang berjarak kurang lebih 1 kilometer dari pantai. Serunya menjelajah wisata pantai Benelan ini akan menjawab beratnya perjalanan ketika sampai di pantai dan bermain disini. 

18.  Pantai Dung Dowo Blitar


Pantai Dung Dowo Blitar merupakan pantai yang asik untuk dinikmati. Berada di Desa Ngadipuro, pantai ini masih satu kawasan dengan pantai Pudak yang telah lebih dahulu terkenal. Banyak pantai bagus yang bisa dinikmati di Blitar selatan ini. sejauh mata memandang hamparan luas pantai dung dowo akan memberikan inspirasi buat kamu yang jenuh beraktifitas.

19. Pantai Princen Blitar


Pantai Princen Blitar terletak di Desa Ngadipuro Kecamatan Wonotirto Kabupten Blitar. Pantai ini adalah salah satu pantai yang memiliki Goa di bibir pantainya. dengan pemandangan yang masih alami, pengunjung bisa menikmati indahnya pantai ini seperti pantai milik sendiri. Pemerintah setempat belum mengelola dengan maksimal pantai yang masih alami ini. ayo temukan keindahan pantai ini bersama teman-teman serumu.

20. Pantai Banteng Mati  Blitar


Pantai Banteng Mati adalah salah satu pantai di Blitar selatan yang masih alami. pemandangan alamnya sangat luar biasa. Terletak di Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang mempesona. ombak yang mendayu dayu khas pantai yang ada di kawasan pulau Jawa. Mengunjungi pantai ini kita juga bisa sekaligus mengunjungi beberapa pantai yang masih satu jalur. Pantai Pudak, Pantai Bakung, Pantai Jebring adalah pantai yang berada satu kawasan dengan pantai ini. Akses menuju pantai ini masih alami dengan medan yang cukup sulit. Namun bagi pecinta adventure sangat cocok untuk dikunjungi. anda butuh tempat yang anti mainstream? ayo datang kesini.

Post a Comment for "20+ Pantai di Blitar yang Hits dan Bagus Pemandanganya ( Terbaru 2023)"